May 21, 2008

The art of bakar sampah

Kayanya cuman di Indonesia tercinta ini sampah dibakar. Udah biasa kan tuh liat rumah pada bakar sampah dan asepnya kemana mana bikin sesek napas?! Well, on this occasion gue mau ngadu ttg sd negri di sebelah kantor gue. Gak pagi, gak siang, gak malem kerjanya mbakar sampah mulu.. set dah! Dia kira dia idup di hutan apa? Mbok ya inget2 kalo punya tetangga gitu loh. Kantor gue juga apa gak kurang banyak sampahnya tiap hari? Sampah sayuran lagi yg notabene bau banget dan cepet banget jadi busuk kalo gak buru2 ditanggulangi. I can easily take a shortcut and save Rp. 5.000/hari dgn ikutan bakar sampah, tapi kan gue liat2 lokasi juga, kira2 mungkin gak yah gue bakarin itu sampah segunung tiap hari. Pada intinya, gue masih sadar kalo gue idup bertetangga dimana tetangga2 gue itu juga perlu oksigen, gak seperti sekolah sebelah yang ga modal itu.
Udah 2x gue nyaris berantem ama penjaga sekolah busuk itu. Mana gak ada yg ngaku lagi kalo dia yg bakar tu sampah, emangnya sampahnya bisa nyalain korek sendiri! Dasar bodoh! Lagi2, gue berurusan dgn manusia bodoh, uh, cape deh!
Maybe you guys think it's nothing, bakar sampah itu biasa, bagian dari budaya kita.. well, until elo ngerasain sendiri gimana rasanya sesek napas gara2 tempat sampah tetangga lo lokasinya bersebelahan persis ama tembok lo, then you'll realized it's no longer just nothing.. it is something that needs to be stopped.. ASAP! Gimana caranya? In my case, teriak2 diatas kursi sambil nyiramin tu tempat sampah kayanya udah ga mempan, yang ada gue cape sendiri ngadepin orang2 bebel macem mereka. Besok, gue mo suruh orang kantor gue buat ngadep pak RT ama kepsek sekolah gak modal itu. Perasaan sd negri dapet anggaran kan dari pemerintah buat ngelola sekolahnya? Nah, minta dong anggaran buat bayar tukang sampah buat ngangkutin sampah2 lo itu.. gak mahal gak, pak sampah cuman minta goceng per hari, dijamin beres!

No comments: